Rabu, 09 Januari 2019

Kaca Pembesar (Lup)

- Januari 09, 2019

Mengenal Lup (Kaca Pembesar)

Aulia Annaisabiru E 

May 7, 2018 • 4 min read
Fisika_11
Hayo siapa nih yang tiap minggu pagi nungguin tayangan detective conan di televisi? Coba perhatikan alat yang sering digunakan Conan dalam memecahkan suatu kasus? Yup, lup atau dikenal juga sebagai kaca pembesar. Kamu tahu nggak sih apa itu lup dan apa hubungannya lup dengan fisika? Yuk cari tahu!
Detective conan
Detective conan (Sumber: pinterest.com)
Squad, ternyata lup atau kaca pembesar merupakan lensa lho, tepatnya merupakan lensa cembung atau lensa positif yang digunakan untuk mengamati benda-benda kecil agar terlihat lebih jelas. Nah, bayangan yang dibentuk lup selalu bersifat maya, tegak, dan diperbesar.
Bayangan lup
Bayangan yang dibentuk lup: maya, tegak dan diperbesar (Sumber: giphy.com)
Pada penggunaanya kamu dapat menghitung pembesaran bayangan lup lho. Pembesaran lup bisa diukur dengan membandingkan sudut penglihatan setelah ada lup dengan sudut penglihatan tanpa lupSaat menggunakan lup, benda harus diletakkan di antara fokus dan pusat lensa, S0≤f. Benda dapat diamati dalam dua keadaan yaitu ketika mata berakomodasi maksimum dan mata berakomodasi tidak maksimum.  Saat benda diletakkan kurang dari fokus lup (S0<f), mata akan mengalami akomodasi maksimum, sementara saat benda diletakkan tepat pada focus lup (S0=f) mata tidak berakomodasi. Yuk cari tahu lebih jelasnya!
  • Mata Berakomodasi Maksimum
Mata berakomodasi maksimum merupakan cara memandang objek dimana otot siliar bekerja maksimum untuk menekan lensa agar berbentuk secembung-cembungnya. Agar mata berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk harus tepat di titik depan mata (S'=Sn).
Mata berakomodasi maksimumMata berakonomodasi maksimum (Sumber: fisikazone.com)
Perbesaran sudut (anguler) lup mata berakomodasi maksimum dapat dinyatakan,
rumus berakomodasi maksimum
  • Mata tidak berakomodasi
Squad, mengamati benda dengan menggunakan lup dan dengan mata berakomodasi secara terus-menerus dapat melelahkan mata lho.  Oleh karena itu, pengamatan dapat dilakukan dengan mata tak berakomodasi. Skema pembentukan bayangan dapat digambarkan sebagai berikut:
 Mata tidak beakomodasi
Mata tidak berakomodasi (Sumber: fisikazone.com)
Menggunakan lup dengan mata tak berakomodasi, benda yang diamati harus diletakkan di titik fokus lup (s=f)Perbesaran sudut (anguler) lup mata tidak berakomodasi dapat dinyatakan,
Rumus mata tidak berakomodasi
Supaya lebih jago, coba kerjain soal ini yuk!
Latihan soal pembesaran lup
Jawaban : E
Pembahasan:
f=10 cm
Sn=25 cm
Untuk mata tidak berakomodasi             
M=2.5
UntUK mata berakomodasi maksimum   
M=3.5

Lup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigationJump to search
Sebuah perangko di bawah kaca pembesar.
Lupkaca pembesar atau suryakanta adalah sebuah lensa cembung yang mempunyai titik fokus yang dekat dengan lensanyaBenda yang akan diperbesar terletak di dalam titik fokus lup itu atau jarak benda ke lensa lup tersebut lebih kecil dibandingkan jarak titik fokus lup ke lensa lup tersebut. Bayangan yang dihasilkan bersifat tegaknyata, dan diperbesar. Lup ditemukan oleh seorang dari Arab bernama Abu Ali al-Hasan Ibn Al-Haitham.

Menghitung jarak titik fokus suatu Lup[sunting | sunting sumber]

Titik fokus suatu lup menentukan perbesaran yang dihasilkan, oleh karena itu titik fokusnya adalah besaran yang perlu diketahui (lihat juga di bawah). Dalam penggunaan sehari-hari jarak titik fokus dari sebuah lup dapat ditentukan dengan percobaan sederhana cahaya dapat dikumpulkan di satu titik yang berjarak tertentu dari lensa lup. Apabila cahaya mencapai tingkat energi yang tinggi maka kertas, serpih kayu, atau lainnya dapat terbakar ketika diletakkan di bawah lup tersebut. Dalam hal ini cahaya dikumpulkan di sebuah titik yang disebut titik fokus atau titik api yang sifatnya maya atau semu bukan nyata atau di belakang lensa tersebut.
Metode lain yang lebih nyata untuk menentukan jarak titik fokus atau disebut juga Autoklimasi dapat menggunakan:

Pembesaran[sunting | sunting sumber]

  •  Perbesaran angular
  •  Sudut pandang tanpa Lup
  •  Sudut pandang dengan Lup
  •  Jarak pandang normal
  •  Besar objek
  •  Titik fokus

sumber : https://blog.ruangguru.com/mengenal-lup-kaca-pembesar
https://id.wikipedia.org/wiki/Lup

0 komentar:

Posting Komentar

 

WELCOME © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor